#IdekUUntukPLN : Peningkatan Pelayanan Untuk Pelanggan

17 Oct 2014

PLN sebagai pemasok listrik terbesar di Indonesia mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari baik yang hidup diperkotaan maupun pedesaan. Dari tahun ke tahun sudah terlihat beberapa kemajuan dalam program yang diberikan oleh PLN mengenai pelayanan ke pelanggan telah mengalami perubahan. Dulu, hampir semua pelanggan menggunakan fasilitas pasca bayar dimana para pelanggan menikmati terlebih dahulu listrik untuk kebutuhan rumah tangga, baru membayarnya pada bulan berikutnya. Keadaan sekarag telah berubah, demi mengembangkan pelayanan dimana sebagian banyak masyarakat telah menggunakan Lisrik Pintar atau listrik prabayar. Bedanya kita bisa mengontrol pemakaian listrik setiap bulannya, tidak ada lagi pencatatan meteran yg dilakukan oleh petugas.Konsumsi listrik bisa digunakan sesuai kebutuhan yang ada dengan cara membeli voucher listrik semudah mengisi pulsa.

Jelas terlihat perbedaannya, kalau dulu terlambat pembayaran bisa langsung diputus aliran listriknya oleh pihak PLN, sekarang tidak lagi. Jangan khawatir listrik mati tiba-tiba, dengan menggunakan Listrik Pintar ini bila energy listrik mau habis, alarm otomatis akan berbunyi. Penggunaan listrik pun kini ada dalam genggaman kita.

Dengan adanya kemajuan program pelayanan ke arah lebih baik bukan berarti masyarakat dalam menggunakan listriknya tanpa masalah. Dalam penggunaan listrik untuk kebutuhan sehari-hari ini yang sering terjadi di rumah tangga adalah adanya pemadaman listrik, baik secara bergilir ataupun bisa terjadi terus menerus seperti contohnya daerah Sumatera dan Kalimantan.Dalam mengatasi hal ini PLN pun memudahkan masyarakat untuk melaporkan pengaduannya melalui contact center PLN 123 diantaranya melalui telp, email atau fasilitas sosial media seperti foto yang tertera di bawah ini diambil saat acara #BloggerBicara yang diadakan oleh Blogdetik dan PLN.

Foto dok. pribadi

Foto dok. pribadi

#BloggerBicara bukan hanya sekali dua kali diselenggarakan, dalam menyambut hari Listrik Nasional tanggal 27 Oktober 2014 mendatang PLN mengadakan lomba Blog yang bertemakan “Ideku Untuk PLN

Sebagai masyarakat pengguna listrik dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dari mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi, aktivitas yang berlangsung akan merasa terganggu bila aliran listriknya padam.

Dengan menjadi pelanggan setia PLN boleh donk ya meminta untuk Meningkatkan Pelayanan Bagi Pelanggannya sebagai berikut :

- PLN bisa memberikan fasilitas kepada pelanggan dengan menyediakan fitur-fitur mudah yang dapat diakses melalui app store yang telah dibuat seperti pengisian voucher pulsa, pengaduan, acara PLN dan lain sebagainya.

- Setiap ada Program baru yang dibuat, PLN wajib mensosialisasikan kepada masyarakat tanpa memilah-milah baik yang ada perkotaan maupun pedesaan karena hal ini penting kemungkinan tidak semua masyarakat tahu akan program baru.

- Untuk pemadaman listrik yang sering terjadi disini bisa juga PLN membangun pembangkit yang baru bilamana terjadi gangguan jadi ada cadangan yang diberikan oleh pembangkit yang baru tersebut.

- Dalam hal pemerataan pembagian listrik di seluruh Indonesia sudah diketahui tidak semua daerah di Indonesia dapat pasokan listrik yang ada, contoh : pelosok-pelosok negeri bisa kita temui hidup sehari-hari tanpa menggunakan listrik. Melihat kejadian ini dengan adanya program CSR dari PLN, untuk pelosok-pelosok negeri yang tanpa penerangan bisa saja diberikan secara cuma-cuma dengan menggunakan Solar Panel atau apapun hal serupa yang terpenting masyarakat tersebut saat malam tiba bisa mendapat penerangan seperti mendapat penerangan listrik dari PLN.

- Sosialisasi kepada masyrakat bisa juga dilakukan, dimana dalam pemakaian kebutuhan listrik harus sesuai dengan kebutuhan yang ada, jadi masyarakat tidak menggunakan energy listrik untuk hal-hal yang tidak penting sehingga siapa tahu energy listrik yang biasanya terbuang sia-sia bisa digunakan untuk masyarakat yang belum mendapat fasilitas listrik ini.

- Penghargaan kepada pelanggan bisa juga dilakukan perorangan oleh PLN tentu saja dengan tepat sasaran yang telah dilakukan survey terlebih dahulu sebelumnya.

Cukup poin-poin di atas yang bisa menjadikan masukan buat PLN, semoga dari tahun ke tahun PLN semakin maju dan bisa meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi.[]FR

Sumber :

http://pln.co.id


TAGS #idekuuntukPLN listrik pintar PLN blogdetik Lomba blog


-

Author

Follow Me