Akhirnya Peluncuran BRIsat Berlangsung Sukses

23 Jun 2016

Peluncuran Satelit BRIsat

Akhirnya peluncuran BRIsat berlangsung sukses. Satelit yang berhasil diluncurkan oleh roket Ariane 5 di Kouro, Guyana Perancis waktu setempat dan pukul 04.39 waktu Indonesia pada tanggal 19 Juni 2016 (Minggu). Peluncuran ini bukan tanpa kendala, ini adalah untuk ketiga kalinya yang akhirnya bisa meluncur juga dengan sukses.

Rencana awal satelit BRIsat akan diluncurkan pada tanggal 9 Juni 2016 namun kemudian diundur karena ada masalah tekhnis. Tanggal 18 Juni 2016 kembali mengalami kegagalan yang awalnya diberitakan hanya mundur 1 jam menjadi mundur satu hari saat itu. Semua terjadi karena ada gangguan tekhnis pada roker peluncur Ariane 5 ini.

Menjadi kebanggaan tersendiri bisa terlibat langsung dalam peluncuran BRIsat ini walaupun hanya menyaksikan lewat layar kaca (TV). Semua terfasilitaai berkat Detk.com.

Peluncuran satelit bisa dilihat di brisat.detik.com 

Satelit BRIsat ini tidak hanya menjangkau wilayah Indonesia saja, tapi juga ASEAN, ASIA Timur termasuk sebagian Tiongkok, Laut Fasifik termasuk Hawai dan Australia Barat. Satelit BRIsat ini memiliki 45 transponder dan akan digunakan secara terpisah dimana 23 transponder akan dipakai untuk perasional BRI, 4 transponder dipakai oleh pemerintah Indonesia, sedangkan sisanya sendiri nanti akan digunakan tetap oleh BRI dalam pengoperasiannya di masa depan. 

Satelit dengan transponder pita C sebesar 36 x 36 MHz dan Ku- band sebesar 9 x 72 MHZ akan mengorbit dislot 150.5 Bujur Timur. Lokasi yang dipilih adalah yang paling stategis.

Satelit BRIsat akan mulai bekerja secara makaimal pada bulan Agustus danakan mengudara selama 17 tahun di udara langit Papua.

Untuk menyaksikan detik-detik peluncuran BRIsat saat itu, semua yang terlibat didalamnya termasuk para blogger merasa penasaran dan tak sabar menunggu peluncurannya. Di layar kacapun terlihat para pegawai BRI pusat dan wakik presiden Yusuf Kala tak kalah juga menunggu untuk dapat menyaksikan peluncuran satelit BRIsat.

Beginilah suasana saat persiapan nobar Satelit BRIsat.

 

 

 

 

 

Saat itu kami semua berkumpul di kantor Detik.com bersama teman-teman blogger. Saat tengah malam lewat kami melakukan perjalanan menuju Discovery Hotel di Ancol. Hujan yang turun dini haru saat itu tak menjadikan semangat kita mundur. Dalam guyuran hujan dan gelapnya malam, bis pun meluncur ke Ancol. Kurang lebih pukul 02.00 pagi akhirnya kami sampai di tempat tujuan. tak terasa waktu berjalan begitu cepat hingga akhirnya tibalah saat yang ditunggu-tunggu. Layar terbentang cukup luas saat itu, nobar peluncuran BRIsat siap untuk disaksikan oleh semua. Hitungan mundur dimulai dari seratus daaan terakhir hitungan pun dimulai lagi dari angla 7 dihitung mundur  tapi layar yang kami tonton masih saja sama. 

Dan ternyata semua batal karena peluncurannya ditunda hingga esok hari. Beberapa kawan yang mengikuti twitter dengan #BRIyangpertama dan #Bagimunegeri penasaran juga bagaimana kondisinya saat itu. Keseruan terus terasa diruangan walaupun nobarnya batal karena hal tekhnis dan mundur lagi esok hari. Semua yang berada di ruangan masih tetap semangat, game-game pun diikuti oleh teman-temanbdan pembagian dooprize ikut serta memeriahkan acara saat itu. Salman salah satu teman yang beruntung saat itu dengan mendapatkan uang tunai sebanyak IDR 1.500K. Seusai acara dan sahur bersama kami pun kembali ke kantor Detik.com yang berada tepat di depan Halte Busway Buncit Indah. Nobar pun lanjut keesokan harinya. Di social media untuk peluncuran BRIsat ini beberapa kali menjadi trending tropic lho.

 Keseruan acara BRIsat tidak berhenti sampai disitu saja, beberapa kawan termasuk saya harus memilih teman-teman  yang beruntung menjawab kuis dan mendapatkan hadiah IDR 250K untuk satu orang. Itu hanya sekilas cerita tentang acara nobar peluncuran BRIsat.

BRIsat semoga kedepannya bukan hanya sekedar membawa perubahan besar tapi dengan memperluas jaringan dan juga dapat meningkatkan kualitas layanannya.

Seperti yang telah dibicarakan dengan salah satu pegawai Bank BRI bernama Dini (cabang Bandung) .

“Kita kan unit kerjanya banyak, kalau satelitnya masih nebeng sering offline.Dengan satelit sendiri diharapkan kinerja system makin oke”

Kita semua tahu, Bank Rakyat Indonesia tersebar dimana-mana, sampai ke pelosok negeri.Dengan adanya Satelit BRIsat semoga bisa menopang perkembangan industri terutama perekonomian rakyat agar bisa tumbuh terus.[]FR

 


TAGS BRIsat Bagimu negeri perbankan


-

Author

Follow Me